WINDSHEAR
1.Deskripsi
Wind shear didenifisikan sebagai perubahan arah dan kecepatan angin per satuan jarak. Perubahan ini terjadi dengan tiba – tiba terutama bila mendapat arus balik yang semula mendapat angin dari muka pesawat (head wind). Arah angin dapat berubah 180ΒΊ secara tiba – tiba yang disertai dengan perubahan kecepatan angin, umumnya terjadi pada lapisan permukaan (low level wind shear) sampai sekitar 2000 feet.
Wind shear dalam dunia penerbangan dirasa sangat mengganggu baik dalam proses take-off maupun landing serta pada waktu mengudara.
Penyebab terjadinya windshear
Adapun penyebab terjadinya windshear antara lain:
a.thunderstorms
b.front
c.hambatan permukaan
d.inversi suhu
A.Thunderstorms
B.Front
C.Hambatan Permukaan
D.Inversi Suhu
2.Pengaruh Terhadap Pesawat/Operasional Penerbangan
A. Proses terhempasnya pesawat oleh windshear
B. Pengaruh Windshear dekat permukaan terhadap penerbangan
A. Proses Terhempasnya Pesawat Oleh Windshear
Menurut para meteorologist wind shear dibedakan menjadi 3 tipe :
1. Horizontal wind shear, yaitu perubahan kecepatan dan arah angin per satuan jarak antara 2 titik, yang berada pada lintasan terbang horizontal yang sama.
2. Vertikal wind shear, yaitu perubahan kecepatan dan arah angin per satuan jarak antara 2 titik, yang berada pada lintasan terbang horizontal yang berbeda ketinggiannya (perbedaan altitude)
3. Shear dari angin vertikal (shear of vertikal wind) , yaitu perubahan kecepatan angin vertikal dua titik yang berada pada lintasan terbang horizontal yang sama.
B. Pengaruh Wind Shear Dekat Permukaan Terhadap Penerbangan
- Wind shear yang sangat berpengaruh terhadap keselamatan penerbangan ialah yang terjadi di sekitar runway 500 m dari permukaan tanah.
- Pada ketinggian tersebut pesawat akan mengalami gangguan bila ada wind shear, terutama bila melakukan take off dan landing.
- Sampai saat ini belum ada kriteria bahaya wind shear terhadap pesawat karena sulitnya wind shear tersebut diukur dan diamati.
3. Pelaporan Dalam Meteorologi Penerbangan
- Wind Shear
Warnings harus dibuat oleh stasiun meteorologi penerbangan untuk aerodrome
dimana windshear dipertimbangkan berpotensi terjadi dan
mengganggu keselamatan
penerbangan.
- Mempengaruhi
pesawat di daerah approach, take off, dengan
ketinggian antara level runway dan 500 m (1600 feet), serta pada
saat pesawat landing atau persiapan Berisi
informasi mengenai pengamatan atau prakiraan tejadinya wind shear
yang dapat take off.
2
tipe wind shear : Convective dan non-convective
Contoh WS report dari pesawat
Contoh Wind shear warning :
WAAA WS
WRNG 01 020305
VALID
020305/020405
WS RWY 07 FCST WIND :
320/25KT
WAAA
WS WRNG 02 020330 VALID TL 020450
CNL
WS WRNG 01 020305 VALID 020305/020405
Contoh Laporan dalam TAF
CONVECTIVE
FM1600
22010G35KT 3SM TSRA BR BKN035CB
NON-CONVECTIVE
FM0800
VRB02KT P6SM SCT010 WS010/22035KT
Template Wind Shear Warning
4. Contoh Kasus
Gambar : Merpati CN 250 (24 September 2008) |
Gambar : Lion Air (13 April 2013) |
Good Job bro
ReplyDelete(y) oke bro
DeleteNtaps tok ππ
ReplyDeleteokes tok
DeleteMantep nok materinya
ReplyDeletesip (y)
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
DeleteKetika clearsky dan tiba tiba terjadi windshear?..
ReplyDelete