WijatmikoSaragih: Windshear

Sunday, January 29, 2017

Windshear

WINDSHEAR


1.Deskripsi

Wind shear didenifisikan sebagai perubahan arah dan kecepatan angin per satuan jarak. Perubahan ini terjadi dengan tiba – tiba terutama bila mendapat arus balik yang semula mendapat angin dari muka pesawat (head wind). Arah angin dapat berubah 180ΒΊ secara tiba – tiba yang disertai dengan perubahan kecepatan angin, umumnya terjadi pada lapisan permukaan (low level wind shear) sampai sekitar 2000 feet. 
Wind shear dalam dunia penerbangan dirasa sangat mengganggu baik dalam proses take-off maupun landing serta pada waktu mengudara.

Penyebab terjadinya windshear 
Adapun penyebab terjadinya windshear antara lain:
a.thunderstorms
b.front
c.hambatan permukaan
d.inversi suhu

A.Thunderstorms



B.Front



C.Hambatan Permukaan


D.Inversi Suhu


2.Pengaruh Terhadap Pesawat/Operasional Penerbangan
A. Proses terhempasnya pesawat oleh windshear
B. Pengaruh Windshear dekat permukaan terhadap penerbangan

A. Proses Terhempasnya Pesawat Oleh Windshear


Menurut para meteorologist wind shear dibedakan menjadi 3 tipe :
1. Horizontal wind shear, yaitu perubahan kecepatan dan arah angin per satuan jarak antara 2 titik, yang berada pada lintasan terbang horizontal yang sama.
2. Vertikal wind shear, yaitu perubahan kecepatan dan arah angin per satuan jarak antara 2 titik, yang berada pada lintasan terbang horizontal yang berbeda ketinggiannya (perbedaan altitude)
3. Shear dari angin vertikal (shear of vertikal wind) , yaitu perubahan kecepatan angin vertikal dua titik yang berada pada lintasan terbang horizontal yang sama.

B. Pengaruh Wind Shear Dekat Permukaan Terhadap Penerbangan
 - Wind shear yang sangat berpengaruh terhadap keselamatan penerbangan ialah yang terjadi di sekitar runway 500 m dari permukaan tanah.
 - Pada ketinggian tersebut pesawat akan mengalami gangguan bila ada wind shear, terutama bila melakukan take off dan landing.
  - Sampai saat ini belum ada kriteria bahaya wind shear terhadap pesawat karena sulitnya wind shear tersebut diukur dan diamati.

3. Pelaporan Dalam Meteorologi Penerbangan 
- Wind Shear Warnings harus dibuat oleh stasiun meteorologi penerbangan untuk aerodrome dimana windshear dipertimbangkan berpotensi terjadi dan mengganggu keselamatan penerbangan.

- Mempengaruhi pesawat di daerah approach, take off, dengan ketinggian antara level runway dan 500 m (1600 feet), serta pada saat pesawat landing atau persiapan Berisi informasi mengenai pengamatan atau prakiraan tejadinya wind shear yang dapat take off.
2 tipe wind shear : Convective dan non-convective

Contoh WS report dari pesawat 

 Contoh Wind shear warning :

WAAA WS WRNG 01 020305 VALID

020305/020405 WS RWY 07 FCST WIND :

320/25KT

WAAA WS WRNG 02 020330 VALID TL 020450

CNL WS WRNG 01 020305 VALID 020305/020405


 Contoh Laporan dalam TAF

CONVECTIVE

FM1600 22010G35KT 3SM TSRA BR BKN035CB

NON-CONVECTIVE

FM0800 VRB02KT P6SM SCT010 WS010/22035KT


Template Wind Shear Warning




4. Contoh Kasus

Gambar : Merpati CN 250 (24 September 2008)



Gambar : Lion Air (13 April 2013)

9 comments:

Kegiatan Posko untuk Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) Event F1H20 Danau Toba

   Sebelum memulai tentang kegiatan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) mari kita bahas sekilas apa itu F1H2O.  F1 Boat Race atau F1H2O adalah ...