WijatmikoSaragih: Penjelasan Singkat mengenai Cold Surge

Sunday, August 6, 2017

Penjelasan Singkat mengenai Cold Surge

Pengertian singkat / umum

Cold Surge ( Seruakan Dingin ) adalah aliran udara dingin dari daratan Asia yang menjalar memasuki wilayah Indonesia bagian barat, Cold Surge biasa terjadi pada saat di Asia memasuki musim dingin. Cold Surge di definisikan juga sebagai gelombang dingin Asia ( Winter Monsoon Experiment 1978/1979 ) yang menjalar sampai ke laut Cina Selatan, lamanya penjalaran sampai ke laut tersebut sekitar 27 jam.
atau dengan kata lain Cold surge adalah seruakan / gelombang dingin dari utara atau timur laut dari subtropis menuju tropis. Cold Surge dapat terjadi pada saat monsun baratan.

adapun syarat terjadinya cold surge ini adalah:
  • Perbedaan tekanan Gushi 30o LU 110o BT - Hongkong > 10mb
  • Angin gradien dari utara atau timur laut dengan kecepatan 15 knots
  • Penurunan temperatur 24 jam di Hongkong (5o C)
  • Penurunan tekanan 24 jam di Hongkong 10mb
  • Penurunan Rh 1-2 dilihat dari depresi dewPoint nya.

Tehnik melacak Cold Surge

Apabila surge telah terdeteksi, maka untuk memudahkan pendeteksian, wilayah penjalaran dibagi 3 bagian yaitu wilayah A (20 – 15o LU), wilayah B(15 – 10o LU) dan wilayah C(10 – 05o LU) adalah sebagai berikut :
  1. Surge sampai di wilayah A (20 – 15o LU), apabila angin utara/timur laut rata-rata mencapai 15 knots dan terdapat kenaikan 5 knots selama 24 jam – 48 jam
  2. Surge sampai di wilayah B (15 – 10o LU), apabila angin utara/timur laut rata-rata 15 knots dan terdapat kenaikan 5 knots selama 60 jam.
  3. Surge sampai di wilayah C (10 – 05o LU), apabila angin utara/timur laut rata-rata 15 knots dan terdapat kenaikan 5 knots selama 72 jam
Cold Surge biasa terjadi pada bulan Desember, Januari, Februari (DJF)
Kalau ada Borneo Vortex , gangguan yang ada dan apabila ada monsun Asia, bisa menghentikan Cold Surge dilaut Kalimantan.

Dua tahapan potensi terjadi cold surge :
  1. karena tidak seimbang tekanan dan suhu. kecepatan 40m/s -- seruakan tekanan / gelombang tekanan
  2. Timbulnya front, dilihat dari penurunan dewpoint, pada saat Xiberia ke Hongong 10 m/s
Cold surge  terjadi hujan sebagian
MJO terjadi hujan merata
MJO + Cold surge  terjadi hampir semua hujan, khususnya di indonedia Barat

Dampak

Surge yang bergerak melintasi equator akan mempengaruhi keadaan cuaca disekitar Sumatera Selatan dan Jawa Barat. Cold Surge ini mengandung udara dan berinteraksi dengan udara yang panas diwilayah Indonesia. Udara ini semakin labil atau kuat jika ditunjang oleh adanya front di Asia, palung khatulistiwa (equatorial trough), berakibat diwilayah Jawa Barat dan Sumatera Selatan akan banyak hujan. Sebaliknya jika terdapat vortex di laut Cina Selatan maka hujan akan bekurang karena surge akan mengalami hambatan dilaut cina selatan. 
Nb.Materi didapatkan dari meteri perkulihan di STMKG pada pelajaran Analisa Cuaca

No comments:

Post a Comment

Kegiatan Posko untuk Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) Event F1H20 Danau Toba

   Sebelum memulai tentang kegiatan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) mari kita bahas sekilas apa itu F1H2O.  F1 Boat Race atau F1H2O adalah ...