Belum
hilang dari ingatan masyarakat dunia khususnya masyarakat indonesia kecelakaan
pesawat air asia yang terjadi pada tanggal 28 desember lalu, bukan pertama kali
kejadian seperti pesawat terbang tersebut terjadi. Selain itu banyaknya juga
kejadian kapal nelayan yang hilang pada saat belayar dilaut lepas untuk mecari
ikan dimalam hari.
SEJARAH
BADAI
Ditinjau dari sejarah badai merusak di Indonesia, maka
badai yang terjadi saat ini hanyalah
sebagian dari sejarah panjang bencana badai yang sudah berlangsung sejak masa
lampau. Banyaknya catatan badai merusak di Indonesia merupakan cermin akan
kondisi geografi Indonesia yang memang merupakan kawasan rawan badai tropis.
Selain Indonesia, negara Filipina adalah negara yang
paling berisiko mendapat terjangan badai tropis. Seringnya kawasan Filipina
bagian timur dilanda badai hingga mempengaruhi pola persebaran pemukiman
masyarakatnya, misalnya, pantai timur Luzon kini sangat sedikit penduduknya.
Banyaknya angkutan udara atau di laut yang menghiraukan
informasi cuaca yang diberikan oleh BMKG. Mereka hanya memikirkan ketepatan
waktu dan juga kepentingan sesuatu hal tanpa memikirkan keselamatan jiwa. Musim
hujan kali ini diperkirakan akan disertai dengan angin kencang. Banyak
penerbangan dan pelayaran yang ditunda akibat cuaca buruk dan angin kencang
saat ini.
BAHAYA ANGIN KENCANG
Selain awan rendah
seperti cumulonimbus yang akhir-akhir ini sering terjadi,angin kencang sendiri
banyak dihiraukan oleh angkutan udara dan di laut. Padahal bahaya angin kencang
sendiri dan juga perubahan angin yang signifikan sangat bahaya bagi penerbangan
dan pelayaran.
Bagi penerbangan di udara, angin kencang bisa
membahayakan pada saat lepas landas dan mendarat. Saat lepas landas/take off bisa membuat pesawat lebih cepat terbang atau
lebih lama , hal tersebut dipenggaruhi arah dan kecepatan angin. Apabila arah
angin pada saat lepas landas/takeoff berlawanan arah dapat membuat pesawat
lebih cepat naik atau lepas landas biasa disebut dengan headwind , sebaliknya
apabila angin searah dengan pergerakan pesawat saat lepas landa maka dapat
membuat peswat lebih lama terbang pada saat lepas landas disebut tailwind.
Bukan hanya itu , apabila angin datang dari arah sebelah pesawat dapat membuat
arah pesawat saat takeoff atau landing bisa berubah arah dan bisa berakibat
fatal, angin ini biasa disebut dengan cross wind.
Bagi pelayaran di laut, angin
kencang juga sangat berbahaya. Akibat yang ditimbulkan oleh angin kencang
sendiri adalah ketinggian gelombang yang semakin meningkat. Seperti yang
ditampilkan oleh BMKG angin dengan kecepatan sekitar 15-30knots dapat
menghasilkan gelombang dengan ketinggian 2.5-6.0 meter. Tinggi gelombang
seperti ini sangat berbahaya bagi pelayaran, dikarena dapat membuat kapal laut
menjadi terganggu dan bisa membuat arah kapal laut menjadi berubah khususnya
saat kapal laut melawan arus gelombang.
Untuk itu, seluruh lapisan masyarakat dihimbau untuk waspada agar musim hujan yang
akan dan sedang berlangsung ini tidak menimbulkan kerugian baik harta, benda,
dan jiwa manusia. Bagaimanapun, potensi bencana alam akibat faktor
hidrometeorologis seperti banjir bandang, banjir genangan, tanah longsor, dan
angin kencang masih tetap akan membayangi sebagian besar wilayah Indonesia
selama berlangsungnya musim hujan.
Thanks for info,dont forget to visit my web https://bit.ly/2ChyZTH
ReplyDelete