WijatmikoSaragih: BAHAYA MUSIM HUJAN DAN ANGIN KENCANG BAGI PENERBANGAN DAN PELAYARAN

Saturday, February 18, 2017

BAHAYA MUSIM HUJAN DAN ANGIN KENCANG BAGI PENERBANGAN DAN PELAYARAN




Belum hilang dari ingatan masyarakat dunia khususnya masyarakat indonesia kecelakaan pesawat air asia yang terjadi pada tanggal 28 desember lalu, bukan pertama kali kejadian seperti pesawat terbang tersebut terjadi. Selain itu banyaknya juga kejadian kapal nelayan yang hilang pada saat belayar dilaut lepas untuk mecari ikan dimalam hari.

SEJARAH BADAI
Ditinjau dari sejarah badai merusak di Indonesia, maka badai  yang terjadi saat ini hanyalah sebagian dari sejarah panjang bencana badai yang sudah berlangsung sejak masa lampau. Banyaknya catatan badai merusak di Indonesia merupakan cermin akan kondisi geografi Indonesia yang memang merupakan kawasan rawan badai tropis.

Selain Indonesia, negara Filipina adalah negara yang paling berisiko mendapat terjangan badai tropis. Seringnya kawasan Filipina bagian timur dilanda badai hingga mempengaruhi pola persebaran pemukiman masyarakatnya, misalnya, pantai timur Luzon kini sangat sedikit penduduknya.

Banyaknya angkutan udara atau di laut yang menghiraukan informasi cuaca yang diberikan oleh BMKG. Mereka hanya memikirkan ketepatan waktu dan juga kepentingan sesuatu hal tanpa memikirkan keselamatan jiwa. Musim hujan kali ini diperkirakan akan disertai dengan angin kencang. Banyak penerbangan dan pelayaran yang ditunda akibat cuaca buruk dan angin kencang saat ini.
 

BAHAYA ANGIN KENCANG
 Selain awan rendah seperti cumulonimbus yang akhir-akhir ini sering terjadi,angin kencang sendiri banyak dihiraukan oleh angkutan udara dan di laut. Padahal bahaya angin kencang sendiri dan juga perubahan angin yang signifikan sangat bahaya bagi penerbangan dan pelayaran.
Bagi penerbangan di udara, angin kencang bisa membahayakan pada saat lepas landas dan mendarat.  Saat lepas landas/take off  bisa membuat pesawat lebih cepat terbang atau lebih lama , hal tersebut dipenggaruhi arah dan kecepatan angin. Apabila arah angin pada saat lepas landas/takeoff berlawanan arah dapat membuat pesawat lebih cepat naik atau lepas landas biasa disebut dengan headwind , sebaliknya apabila angin searah dengan pergerakan pesawat saat lepas landa maka dapat membuat peswat lebih lama terbang pada saat lepas landas disebut tailwind. Bukan hanya itu , apabila angin datang dari arah sebelah pesawat dapat membuat arah pesawat saat takeoff atau landing bisa berubah arah dan bisa berakibat fatal, angin ini biasa disebut dengan cross wind.
Bagi pelayaran di laut, angin kencang juga sangat berbahaya. Akibat yang ditimbulkan oleh angin kencang sendiri adalah ketinggian gelombang yang semakin meningkat. Seperti yang ditampilkan oleh BMKG angin dengan kecepatan sekitar 15-30knots dapat menghasilkan gelombang dengan ketinggian 2.5-6.0 meter. Tinggi gelombang seperti ini sangat berbahaya bagi pelayaran, dikarena dapat membuat kapal laut menjadi terganggu dan bisa membuat arah kapal laut menjadi berubah khususnya saat kapal laut melawan arus gelombang.


Untuk itu, seluruh lapisan masyarakat dihimbau untuk waspada agar musim hujan yang akan dan sedang berlangsung ini tidak menimbulkan kerugian baik harta, benda, dan jiwa manusia. Bagaimanapun, potensi bencana alam akibat faktor hidrometeorologis seperti banjir bandang, banjir genangan, tanah longsor, dan angin kencang masih tetap akan membayangi sebagian besar wilayah Indonesia selama berlangsungnya musim hujan.

1 comment:

  1. Thanks for info,dont forget to visit my web https://bit.ly/2ChyZTH

    ReplyDelete

Kegiatan Posko untuk Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) Event F1H20 Danau Toba

   Sebelum memulai tentang kegiatan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) mari kita bahas sekilas apa itu F1H2O.  F1 Boat Race atau F1H2O adalah ...